Respon Qlue, Lurah Diminta Optimalkan Kinerja Petugas PPSU

Para Lurah diminta untuk mengoptimalkan kinerja petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dalam merespon pengaduan masyarakat yang masuk melalui aplikasi Qlue. Diharapkan, pengaduan terkait permasalahan di kelurahan dapat selesai dengan lebih cepat dan baik.

“Lurah dapat mengerahkan petugas PPSU yang ada untuk menindaklanjuti pengaduan masyarakat lewat aplikasi Qlue,”kata Asisten Pemerintahan Jakarta Timur Andi Achmad Kohar, saat rapat evaluasi tindak lanut pengaduan masyarakat melalui Qlue, di Ruang Pola Kantor Walikota Jakarta Timur, Jumat (11/12).

Upaya para Lurah dalam merespon pengaduan masyarakat melalui Qlue tersebut merupakan salah satu penilaian bagi kinerja mereka. “Banyaknya pengaduan masyarakat di Qlue yang direspon dan diselesaikan menjadi salah satu bahan evaluasi kinerja Lurah,” kata Kohar.

Sementara itu selama Bulan November 2015, tercatat ada 4.577 laporan dari masyarakat yang masuk melalui aplikasi Qlue. Dari jumlah tersebut, sebanyak 397 sebagai kasus merah (menunggu), 1.216 kasus kuning (proses) dan 2.964 kasus hijau (komplet/selesai).

Dari 65 kelurahan di Jakarta Timur, Kelurahan Pulogebang menempati peringkat teratas dengan jumlah poin 460, dalam menyelesaikan laporan masyarakat lewat Qlue. Tercatat ada 107 laporan masyarakat yang masuk, dari tanggal 20-27 November 2015, berhasil disesaikan 97 kasus, proses 3 kasus dan menunggu 7 kasus. Berturut-turut di urutan kedua, Kelurahan Cipayung dengan 145 poin dari 29 laporan yang masuk berhasil diselesaikan seluruhnya, serta urutan ketiga Kelurahan Duren Sawit dengan 128 poin dari 80 laporan yang masuk, berhasil diselesaikan 40 laporan, proses 38 laporan dan menunggu 2 laporan.

Pada rapat ini juga diharapkan Sudin Teknis agar lebih mengoptimalkan kinerjanya dan dapat bekerjasama dengan Camat dan Lurah dalam menyelesaikan pengaduan dari masyarakat. “Kepada unit atau satuan kerja terkait agar segera merespon laporan atau pengaduan masyarakat melalui aplikasi Qlue dan melaporkan hasilnya kepada Walikota Jakarta Timur,” pesan Achmad. (Puji/Kominfomas JT)