Bakal Jadi Tempat Wisata, Disbud & Parekraf DKI Jakarta Cek Kawasan Condet

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Hendry Wardhana dan Plt. Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya, melakukan survei di Kawasan Condet, Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Selasa (15/6/2021).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penataan dan Pengembangan Kawasan Condet sebagai Destinasi Wisata, di wilayah Provinsi DKI Jakarta, khususnya Jakarta Timur.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Timur, Rus Suharto, Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur, Hasanuddin, Camat Kramat Jati, Eka Darmawan, Plt. Lurah Balekambang, Ahmad Ruslan, dan Dewan Kota Pasar Rebo, Dani Taufiq Rahman.

"Dinas Kebudayaan mendukung sepenuhnya rencana Pemprov DKI Jakarta untuk pengembangan Condet sebagai salah satu kawasan destinasi wisata, khususnya di wilayah Jakarta Timur,” kata Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Hendry Wardhana.

Salah satu dukungan Dinas Kebudayaan yang tengah dilakukan saat ini adalah perbaikan Balai Budaya Condet, sebagai pusat kegiatan seni budaya di DKI Jakarta, khususnya Jakarta Timur.

“Semoga kawasan Condet dapat dimanfaatkan sebagai destinasi wisata dan cagar budaya agar tetap terawat dan tertata lebih baik, sehingga dapat meningkatkan potensi pariwisata dan perekonomian di wilayah Jakarta Timur,” katanya.

Sementara itu, Dewan Kota Kecamatan Pasar Rebo, Dani Taufiq Rahman, berharap, dengan survei lapangan para jajaran Dinas Parekraf dan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta untuk mengembangkan kawasan destinasi wisata Condet, dapat merumuskan pokok-pokok pemikiran dan rencana kerja ke depan.

Baginya, dengan adanya lima Kelurahan (Gedong, Balekambang, Batu Ampar, Tengah, Cililitan dan Gedong), dan dua Kecamatan (Kramat Jati dan Pasar Rebo) di kawasan tersebut dapat mendukung terbangunnya menjadikan Condet sebagai lokasi wisata.

“Ada potensi-potensi di kawasan Condet yang bagus untuk dikembangkan sebagai tujuan destinasi wisata dan cagar budaya," pungkasnya. (JS)

Foto Dok. Dewan Kota Kecamatan Pasar Rebo